Tuesday, March 13, 2007

Dunia Kita ... atau Dunia Mereka (?)

Siang tadi sempat sekilas menyimak acara DUNIA KITA dari VOA (Voice of America) News Indonesia yang tayang di MetroTV pukul 11.30-12.00 wib. Kebetulan tema hari ini tentang pedagang kaki lima dan pasar tradisional di Washington DC, ibukota Amerika Serikat.

Menariknya, 1 orang turis lokal, yang ditanya kesannya saat berbelanja di pedagang kaki lima, kurang lebih mengatakan senang karena dengan membeli dari kaki lima setidaknya ia juga bisa membantu kehidupan pedagang kaki lima tersebut. Rupanya hampir seluruh pedagang kaki lima yang berjualan di Washington DC adalah kaum imigran, terutama asal Timur Tengah dan Afrika.

Begitu juga 1 orang pengunjung pasar tradisional yang diwawancara mengapa pergi ke pasar tradisional menjawab, selain karena barang dagangannya lebih segar, juga karena bisa membantu para petani yang hasil pertaniannya dijual di pasar tersebut. Rupanya pasar tradisional menjadi sarana para petani kecil disana untuk memasarkan hasil produksinya, sementara hanya petani besar sanggup menjadi pemasok bagi supermarket dan pusat perbelanjaan modern lainnya.

Itu di Washington DC! Bagaimana dengan kita di Indonesia, khususnya yang tinggal di ibukota Jakarta?
Pernahkah kita juga memikirkan kehidupan para pedagang kaki lima bersama keluarganya, dan membeli dengan niat hati membantu kehidupan mereka?
Atau pergi berbelanja ke pasar tradisional, dengan niat hati membantu kehidupan petani kita, nelayan kita atau siapapun juga yang hasil keringatnya kita konsumsi dan nikmati setiap hari???

No comments: