Wednesday, June 06, 2007

Mencari Sejarah

Hari ini, tanggal 6 Juni adalah tanggal kelahiran Ir. Soekarno alias Bung Karno, tokoh proklamasi dan presiden pertama Republik Indonesia.
Buat gue pribadi, sosok beliau adalah salah seorang dari sekian tokoh yang sedikit banyak telah menginspirasi kehidupan gue. Utamanya setelah gue membaca sebuah buku yang gue pinjam dari perpustakaan kampus tentang kehidupan beliau berjudul "Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia" yang diterjemahkan dari tulisan Cindy Adams, "Sukarno, Autobiography as told to Cindy Adams".

Hari ini, harian Kompas menurunkan tulisan Asvi Warman Adam seputar biografi Bung Karno tersebut, yang mengungkap bahwa versi terjemahan buku tersebut ternyata "berbeda" dengan versi asli buku dalam bahasa Inggris.
(baca http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0706/06/opini/3582633.htm)

Pelajaran yang gue dapet dari sini:
Jangan pernah membaca mentah-mentah isi buku terjemahan. Sedapat mungkin carilah versi dari bahasa asli buku tersebut sebagai pembanding. Karena siapa tau, terjemahan pun tidak akurat karena sudah dibelokkan, baik karena disengaja ataupun tidak.

Satu lagi, benarlah adanya ungkapan bahwa sesungguhnya kebenaran sejarah itu adalah sesuatu yang tidak pernah ada. Karena seperti di negeri tercinta ini, sejarah amat sangat ditentukan dan tergantung menurut versi rezim siapa yang sedang memegang kekuasaan.


... Merdeka!!!

No comments: